Gurah atau Su'uth terapi Sunnah atasi sinusitis

 

Gurah, Solusi Masalah Pernapasan Aman Tanpa Obat Kimia
Jika Anda mengalami masalah pernapasan dan pengobatan medis tidak membantu, maka dapat mencoba metode gurah. Di ibukota Riau, ada klinik gurah Pekanbaru yang terpercaya.


Gurah merupakan proses pengobatan tradisional yang luas digunakan untuk mengatasi masalah pernapasan. Termasuk sakit tenggorokan, sinusitis, masalah pita suara, dll. Beberapa sumber menyatakan bahwa pengobatan alternatif ini berakar dari tradisi Jawa.
 
Hingga kini gurah masih banyak dipakai untuk mengatasi masalah hidung dan tenggorokan secara alternatif. Bukan hanya orang dewasa, anak-anak juga bisa diobati dengan cara ini.
Di ibukota Riau, terdapat beberapa klinik gurah Pekanbaru. Namun jika ingin menjalankan proses gurah dengan aman tentu harus memilih klinik yang memiliki izin resmi dengan tenaga kesehatan profesional.
Artikel ini akan menginformasikan pada Anda apa manfaat dan bagaimana metode gurah dilakukan. Termasuk bagaimana memilih klinik gurah Pekanbaru yang tepat agar pengobatan Anda lancar dan sesuai standar kesehatan.
Manfaat Gurah
Pembahasan pertama kita adalah manfaat gurah. Secara umum manfaat gurah adalah mengatasi masalah pernapasan. Lebih detailnya, berikut adalah manfaat gurah bagi kesehatan.
Membersihkan saluran pernapasan
Gurah dipercaya dapat membersihkan saluran hidung dan tenggorokan dari lendir dan kotoran yang menumpuk. Hal ini sangat membantu memperlancar pernapasan dan hidung tersumbat terutama bagi mereka yang sering bekerja di luar ruangan.
Mengatasi masalah sinusitis
Sinusitis adalah penyakit pernapasan yang sangat mengganggu. Gejalanya adalah hidung tersumbat, pilek yang tak kunjung sembuh, serta sakit pada wajah dan kepala. Dalam medis, pengobatan sinusitis berat terkadang harus melewati proses pembedahan.
Gurah menggunakan air garam dalam prosesnya, sehingg adiyakini dapat mengencerkan lendir dan mempercepat penyembuhan sinusitis. Pengosongan saluran pernapasan dari lendir juga dapat mengurangi keluhan sakit kepala.
Selain itu, untuk mengatasi sinusitis yang parah dapat dibantu dengan konsumsi herbal dan bekam. Di klinik gurah biasanya kedua metode tersebut juga tersedia.
Mengatasi masalah pita suara
Suara yang serak, kurang jernih, atau tidak bisa mencapai nada tinggi diyakini juga dapat diatasi oleh metode gurah. Cara ini kerap dipakai oleh mereka yang pekerjaannya berhubungan dengan suara. Seperti MC, penyiar, atau vokalis.
Meringankan keluhan pilek dan alergi
Pilek menahun bisa jadi adalah gejala alergi. Begitupun pilek yang datang hanya saat cuaca dingin, di pagi hari, atau saat terkena debu. Pilek alergi tidak dapat diatasi oleh obat-obatan biasa di apotik, karena merupakan reaksi dari sistem kekebalan tubuh.
Gurah dapat membersihkan saluran pernapasan dan melegakan hidung sehingga penderita alergi merasa lebih lega. Namun metode ini harus didukung dengan pengobatan yang dapat meningkatkan imunitas tubuh seperti bekam dan konsumsi herbal bermanfaat.
Mengurangi stres
Manfaat ini memang tidak berhubungan dengan kesehatan pernapasan, tetapi penyiraman air garam bagi beberapa orang dapat memberikan efek menenangkan.
Dari penjabaran di atas dapat terlihat manfaat gurah yang sangat baik bagi pernapasan. Namun jika Anda memiliki penyakit pernapasan parah seperti masalah paru-paru atau penyakit berat lainnya, sebaiknya berkonsultasi dulu dengan dokter sebelum menjalani metode gurah.
Sangat penting juga untuk memilih klinik gurah terdekat yang dapat menjalankan metode ini dengan peralatan steril dan terstandar. Serta dilakukan oleh ahli pengobatan holistik yang telah mendapatkan sertifikat di bidangnya.
Cara dan Metode Gurah
Setelah melihat apa saja manfaat gurah, kini mari mengetahui bagaimana metode gurah dijalankan. Sebelumnya, persiapkan dulu alat dan perlengkapan gurah seperti garam non-iodinat atau garam Himalaya. Juga neti pot atau alat irigasi hidung.
Pastikan pula semua peralatan yang digunakan dalam kondisi steril. Petugas gurah juga harus dalam kondisi bersih agar proses gurah terhindar dari kontaminasi kuman.
Setelah semua peralatan tersedia, maka langkah berikut pun dilakukan:
● Larutkan garam non-iodinat dengan secangkir air hangat hingga benar-benar larut.
● Posisikan diri dengan cara membungkukkan tubuh ke depan atau mencondongkan kepala ke satu sisi. Bisa juga dengan posisi menelungkup dan menundukkan kepala. Pastikan posisi pasien nyaman.
● Masukkan ujung neti pot ke dalam hidung yang berlawanan dengan sisi kepala yang condong. Perlahan tuangkan larutan garam ke dalam hidung dan biarkan larutan mengalir masuk melalui satu lubang hidung lalu keluar melalui lubang lainnya. Aliran air garam juga dapat mengalir keluar melalui mulut.
● Selama proses gurah berlangsung, pasien harus bernapas melalui mulut dengan tenang. Hal ini untuk mencegah tersedak dan muntah serta meminimalisir ketidaknyamanan.
● Setelah proses gurah selesai, pasien dapat meniup hidung atau menggunakan larutan garam yang tersisa untuk membilas sisa lendir yang ada di saluran hidung.
Sebagai catatan penting, proses gurah tidak boleh dilakukan sendiri jika Anda belum berpengalaman. Jika salah dalam prosesnya, gurah dapat menyebabkan radang di hidung dan tenggorokan.
Tips Memilih Klinik Gurah Pekanbaru Terbaik
Kini setelah mengetahui manfaat gurah hidung dan tenggorokan, apakah Anda tertarik untuk menjalankannya? Jika ya, maka cermati dulu tips memilih klinik gurah Pekanbaru terbaik di bawah ini.
Cek background terapis dan praktisinya
Pastikan praktisi gurah telah memiliki pengalaman dan memang ahli di bidangnya. Cari tahu tentang latar belakang pendidikan mereka, pelatihan dan sertifikasi yang mereka dapatkan, dll. Hal ini sangat penting untuk menjamin proses gurah dilakukan sesuai standar kesehatan.
Cermati reputasi dan pengalaman klinik tersebut
Cermati sudah berapa lama klinik berdiri dan bagaimana kualitas layanannya. Anda dapat melihat dari review di Google atau mencari tahu dari testimoni orang-orang yang dapat dipercaya. 
Lihat kebersihan klinik
Pastikan juga klinik tersebut bersih dan alat-alat yang digunakan steril untuk mencegah infeksi dan kontaminasi kuman.
Bagaimana komunikasi dan cara konsultasinya?
Anda dapat mencoba menghubungi mereka dan melakukan pra konsultasi. Pastikan petugas dan praktisi gurah komunikatif, dapat menjelaskan prosedur dengan benar, serta memahami kebutuhan pasiennya.
Lokasi dan biaya
Tidak ada salahnya memilih klinik gurah terdekat dengan domisili Anda. Pertimbangkan dan bandingkan juga biayanya. Tetap prioritaskan kualitas dan keamanan layanan, tetapi sesuaikan dengan anggaran.
Klinik Gurah Pengobatan Hj. Erna Pekanbaru
Salah satu klinik gurah Pekanbaru terbaik adalah Pengobatan Hj. Erna Pekanbaru. Klinik ini beralamat di Jl. Taman Karya No. 9 Panam, dan digawangi oleh para praktisi yang profesional serta tersertifikasi di bidangnya.
 
Pengobatan Hj. Erna Pekanbaru dapat melayani gurah hidung dan tenggorokan serta pengobatan herbal dan thibbun nabawi. Sehingga keluhan pernapasan dapat diatasi dengan lebih paripurna lagi.
Calon pasien juga dapat melakukan konsultasi dulu sebelum menetapkan waktu pelaksanaan gurah. Praktisi gurah di klinik ini akan membantu pasien semaksimal mungkin. Konsultasi dapat dilakukan melalui nomor WhatsApp atau datang langsung ke klinik.
Keunggulan lainnya adalah, klinik ini telah berdiri sejak 15 tahun yang lalu, sehingga sangat berpengalaman dalam menangani berbagai keluhan kesehatan. Pasien pun dapat meminta untuk digurah di rumah.
Karenanya, memilih Pengobatan Hj, Erna Pekanbaru sebagai alternatif pengobatan gurah terdekat adalah keputusan yang tepat. Ikuti juga akun Instagram klinik ini untuk update informasi seputar gurah dan metode thibbun nabawi lainnya.
Kami tunggu kehadiran Anda di klinik gurah Pengobatan Hj. Erna Pekanbaru.

Komentar

Postingan populer dari blog ini

KEAJAIBAN BEKAM

GURAH HIDUNG

GURAH HIDUNG